Senin, 13 Februari 2012

5 Alasan Mengapa Orang Indonesia Masih Demen ama Blackberry

Blackberry begitu cepat naik daun ketika orang-orang tau kalau Blackberry bisa stay connected dengan teman-teman dan rekan-rekannya. Blackberry merupakan spesialisasi Smartphone Bisnis karena di dalamnya terdapat banyak fitur-fitur bisnis yang cukup lengkap. Dari Blackberry Messenger, Push Email, Office Application, dll. Seiring berjalannya waktu Blackberry semakin populer di Indonesia karena orang Indonesia sangat senang bersosialisasi dengan orang lain. Blackberry pun memiliki fitur-fitur Social Networking.



Tetapi semua berubah ketika Android dan iPhone menyerang. Kedua jenis Spartphone ini menawarkan lebih banyak fitur. Tapi dengan tambahan fitur-fitur Multimedia maka Negara-negara lain semakin tertarik dengan kedua jenis Smartphone ini. Lebih lanjutnya ternyata Smartphone ini jauh menawarkan fitur-fitur bisnis yang tidak kalah dari fitur-fitur bisnis milik Blackberry.


Blackberry pun semakin kehilangan pamornya di negara-negara Amerika, Eropa, Asia, dll karena kurang Inovatif. Tapi tidak dengan Indonesia. Kenapa? Kebanyakan orang Indonesia menyukai Blackberry agar tetap Eksis. Tapi di luar negeri kenapa mereka meninggalkannya? Apakah mereka tidak suka "eksis"? disini ada beberapa sebab orang Indonesia tetap Cinta dengan Blackberry-nya.


1. Blackberry Messenger


Blackberry Messenger atau BBM merupakan senjata ampuh Blackberry menguasai pasar Indonesia. Awalnya BBM diciptakan untuk menghubungkan pebisnis satu dengan yang lain agar tetap terhubung. Tapi akhirnya semakin banyak orang yang menggunakannya untuk ber-chatting ria dengan teman-temannya. Dan ini sebenarnya satu-satunya alasan kenapa orang-orang enggan pindah ke lain smartphone. Padahal terdapat banyak aplikasi yang sejenis yang bisa digunakan selayaknya Blackberry. Seperti Whatsapp dan LiveProfile, malahan aplikasi itu bisa Cross Plattform alias ke smartphone lain seperti android, iPhone, symbian, dan windows phone.


2. Facebook via Blackberry


Orang-orang masih percaya dengan hadirnya tulisan 'Blackberry' di setiap postingnya di facebook, bisa menambah percaya diri, keeksisan, kecantikan dan kegagahan (walah..). Padahal di negara lain embel-embel itu bisa sedikit memalukan karena di beberapa negara Blackberry sudah di cap sebagai ketinggalan jaman.


3. Keypad QWERTY


Memang keypad QWERTY fisik bisa mempercepat pengetikan kata-kata. Tapi tidak harusnya dikaitkan cuma Blackberry yang bisa mengetik cepat kan. Ada banyak Smartphone lain yang juga menggunakan keypad QWERTY fisik.


4. Lampu LED


Lampu yang senang main mata dengan kita memang menarik perhatian. dan warnanya pun bisa diatur sesaui keinginan sehingga bisa manjadi penanda apa yang masuk ke Blackberry. Lagi-lagi smartphone lain sebetulnya sudah menerapkan hal yang serupa.


5. Notifikasi


Notifikasi seperti notifikasi facebook, twitter, dll bisa masuk secara realtime. Sepertinya orang-orang masih beranggapan hanya Blackberry yang bisa melakukannya. Smartphone lain selayaknya bisa juga melakukannya, kalau mengerti cara pakainya tentunya.


Untuk menggunakan fitur-fitur di Blackberry harus selalu terhubung dengan Internet dan Blackberry memiliki layanan tersendiri untuk layanan Internetnya, yaitu Blackberry Internet Service (BIS). Padahal layanan itu tidaklah murah apabila dibandingkan dengan layanan Internet normal oleh operator. Untuk menggunakan fitur sosialnya saja paling tidak harus merogoh kocek dari 45.000 hingga 50.000, itupun tidak semua fitur BB bisa berjalan. Untuk yang full service harus merogoh kocek lebih dalam lagi sekitar 90.000 sampai 150.000. Padahal untuk Internet standar dari operator hanya membutuhkan mulai 25.000 saja sudah bisa menggunakan layaknya Full Service Blackberry, dari media sosial hingga push email. Mungkin ini merupakan alasan utama mengapa orang-orang negara lain pindah ke lain hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MarketHealth