Sabtu, 30 Juni 2012

Hal-hal "Kreatif" yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia di Dunia Teknologi Informasi

Semakin mudahnya akses tekonologi di sekitar kita menjadikan kita membuat sesuatu yang sangat kreatif yang bisa kita lakukan du dunia maya. Dan uniknya lagi, 'kreatifitas' ini sebagian besar ada di Indonesia. tapi terkadang pemanfaatan bidang tekologi itu tidak sejalan dengan tujuan dibentuknya tempat itu, dan sadar atau tidak sadar, pasti kita pernah melakukannya,

berikut adalah hasil 'kreatifitas' masyarakat Indonesia di bidang tekologi informasi:

1. Twitter

siapa yang tidak mengetahui situs micro blogging ini? pasti sebagian besar kalangan pasti pernah 'bermain' twitter. twitter menjadi populer di dunia karena simple-nya dalam melakukan update informasi ke dunia, sistem meng-follow dan di-follow di twitter memudahkan informasi dapat menyebar sangat luas dan cepat sekali. berbeda dengan facebook, kita harus menambahkan teman menjadi teman agar kegiatan yang dibagikan oleh teman dapat kita ketahui. bila dalam twitter semua orang bebas menentukan siapa yang pantas dan ingin kita follow. meskipun di facebook telah menyediakan page dan tombol subscribe sehingga kita tidak perlu menjadi teman untuk mendapatkan informasi dari teman kita.
twitter biasanya dipakai untuk media menyebarkan berita, informasi, dan aktifitas selebritis, dan masih banyak lagi. tapi kalau kita perhatikan di timeline kita, kita sangat sering sekali menjumpai adanya obrolan (Chat) dalam timeline. padahal untuk obrolan lebih baik lewat DM (direct message). dan meskipun itu bukan tempatnya, toh teman indonesia kita terlihat sangat nyaman untuk mengobrol di twitter.
dalam twitter kita mengenal adanya 'reply' dan 'retweet'. sebetulnya kedua fitur itu mempunyai fungsi yang berbeda pula. reply ditujukan untuk membalas tweet, sedangkan retweet berfungsi sebagai membagi tweet tapi dengan maksud untuk sekaligus mengomentari. nah, disini kita bisa melihat perbedaannya sangat jelas. di akun twitter milik teman indonesia kita, kita sering menjumpai adanya retweet yang sangat banyak sehingga timeline kita penuh dengan obrolan 'RT'-annya. padahal kalau kita lihat tujuannya RT hanyalah untuk membagi, dan twitter bukanlah tempat mengobrol yang pantas, karena twitter tidak mengenal privasi (untuk akun publik), yang nantinya hasil obrolan kita akan tersebar dengan cepat dan terbaca oleh orang lain.

2. Komentar Facebook

dalam setiap postingan facebook kita bisa menjejali komentar kita yang berhubungan dengan posting itu. tapi alangkah kreatifnya teman-teman indonesia sehingga menjadikannya seakan-akan itu adalah chat room. sehingga jangan kaget (walapun pasti sudah biasa melihatnya) ketika kita melihat suatu postingan dengan komentar puluhan tetapi setelah kita lihat dalam komentar itu yang ada hanyalah sebuah obrolan antara dua orang atau lebih dalam kolom komentar.
tidak jarang juga kita melihat komentar yang diposting sama sekali tidak ada hubungannya dengan apa yang telah diposting sebelumnya. misalkan seorang teman memposting tentang sebuah info lowongan pekerjaan tiba-tiba kita melihat dibawahnya terdapat komentar yang menanyakan pertanyaan pribadi yang tidak ada hubungannya dan berlanjut hingga puluhan obrolan.

3. Blackberry Messenger (BBM)

ini merupakan satu-satunya daya pikat blackberry, pemilik handset blackberry apa yang handsetnya tidak terdapat BBM? pada awalnya pembuatan BBM ini bertujuan untuk mempererat hubungan bisnis antar bisnisman. dan untuk mendukung kerahasiaan pada hubungan antar bisnis itu server blackberry internet service memiliki data enkripsi (sejenis pengaman pengacak kata-kata) hingga 128bit, tingkat keamanan ini sangat tinggi dan tidak sembarang orang dapat mengakses dan menembus tingkat keamanan ini kecuali sang programmer dari perusahaan pemilik blackberry itu.
nah, disinilah tingkat kreatifitas teman indonesia kita, dengan mulai terjangkaunya harga blackberry maka status kepemilikan blackberry dari milik kaum enterprise saja bergeser menjadi kaum awam. harga yang ditawarkanpun tidak terlalu mahal, sekitar kurang lebih 2 juta saja sudah bisa mendapatkan handset blackberry. dan tingkat keamanan hingga 128bit itu pun kini bukan saja milik kaum enterprise saja tetapi juga semua kalangan dan lapisan masyarakat. hal ini berimbas ketika aplikasi chatting (BBM) itupun semakin menyebar luas. dan aplikasi chatting itu bisa dinikmati teman dari pendidikan SD sampai yang tertinggi sekalipun. tanda indentias pengenalnya yaitu PIN (personal identity number) pun sudah tidak personal lagi, karena seringkali kita melihat PIN anak sekolah tersebar dimana-mana dari jejaring social hingga tempat-tempat umum.
sepertinya sangat mubazir sekali ketika kita mengingat dengan tingkat keamanan setinggi itu dengan hanya diisi oleh obrolan-obrolan tidak penting dan tidak jelas. mungkin hal inilah yang membuat server blackberry membludag sehingga koneksi dan tingkat keberhasilan serta kecepatan sampainya pesan itu menjadi tersendat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MarketHealth