Sabtu, 29 September 2012

Smartphone mana yang terbaik untuk anda? Android, iPhone, Windows Phone, Symbian, atau Blackberry?

Era ponsel pintar telah dimulai. Semua orang telah berbondong-bondong untuk mengganti ponsel 'biasa' mereka dengan smartphone pilihan masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangan sistem operasi ponsel pintar satu dengan yang lain membuat kita harus tepat dalam menentukan pilihan hati agar tidak terjun dalam jurang penyesalan (yaelah..).

Sebagian besar dari kita pasti tau apa jenis ponsel pintar atau smartphone yang telah beredar di pasaran. dengan nama besar Android dari Google nya, iPhone dari Apple-nya, Blackberry dari RIM-nya (Research in motion), atau pemain lama seperti symbian nokia-nya yang pada masanya sempat merajai Smartphone di dunia. Atau pemain baru yang sebetulnya juga pemain lama tetapi dengan sejumlah perubahan yang signifikan yaitu Windows Phone. Mana yang terbaik? Mana yang paling sesuai dengan kita masing-masing? cekidot..
 
  • iPhone dengan iOS 
Siapa yang tidak tahu dengan Smartphone yang satu ini? Identik dengan kalangan High-end, smartphone inipun dijual dengan harga selangit. Dengan pelopor smartphone multimedia modern saat ini iPhone menjadi smartphone favorit semua orang.
Manajemen aplikasi dengan 'App Store' nya pun memudahkan pemakai dalam mencari aplikasi yang diinginkan hanya dalam satu tempat saja.
Namun pihak Apple hanya menelurkan 1 jenis iPhone saja tiap tahunnya sehingga mungkin dalam hal inovasi akan sedikit terhambat dengan ratusan rivalnya yang bisa menelurkan berbagai jenis smartphone dalam 1 tahun. Environment iOS sendiri sangat bersahabat bagi developer dalam mengembangkan aplikasi pihak ketiga, sehingga kita bisa menikmati 700.000 aplikasi lebih di dalamnya. Dan pada iOS sendiri tidak terjadi fragmentasi yang biasa pada smartphone android yang dikarenakan begitu banyaknya tipe dengan spesifikasi yang berbeda-beda, sehingga hampir keseluruhan aplikasi itu bisa kita nikmati di dalamnya

Kelebihan iPhone


Sebuah Prestisi tersendiri
Bebas lag
Ratusan ribu aplikasi di App Store
Integrasi ke produk apple lainnya yang sangat bagus
Material berkelas
Layar resolusi tinggi

Kekurangan iPhone


Harga selangit
Fitur masih kalah dibanding rivalnya (contoh: android)
OS tertutup (bisa di jailbreak)
Varian yang terbatas
Butuh waktu lama untuk masuk ke pasaran indonesia
Hanya bisa instal aplikasi lewat App Store


  • Android
Berbeda dengan iPhone yang Operating Systemnya hanya dimiliki ekslusif oleh sebuah smartphone, Android merupakan platform terbuka yang artinya semua pihak bisa mengembangkan dan memakainya pada smartphone buatan mereka sendiri.
Android sendiri adalah sistem operasi besutan Google, sang raksasa mesin pencarian yang terus melebarkan sayapnya pada hampir semua ranah bidang teknologi informasi lewat internet. Dengan OS terbukanya, memungkinkan semua pihak mengembangkan software android, dari ROM OS, Kernel dan aplikasinya. dengan kustomisasi yang tak terbatas membuat tampilan android bisa menjadi semua OS yang ada, kita hanya perlu mengunjungi forum developer yang sering mengembangkan berbagai macam software.

Kelebihan Android Smartphones


Sistem operasi terbuka
Mudah untuk kustomisasi OS
Ratusan ribu aplikasi
Bisa didapatkan dengan harga murah
Fitur nya berlimpah
Banyak pilihan dari berbagai merk

Kekurangan Android Smartphones

Untuk beberapa versi android terasa sangat laggy
Butuh waktu agak lama untuk menikmati versi android terbaru setelah launching
Banyak ditemukan malware
Beberapa produsen masih mengeluarkan android dengan versi rendah (ex: gingerbread)

  • Blackberry
Smartphone bisnis ini sangat populer di ranah tanah air. Dengan kemampuan push email secara real time dan kemampuan messenger andalannya yaitu Blackberry Messenger, yang masing-masing dilengkapi dengan kemampuan enkripsi tinggi sehingga menjamin kerahasiaan data. Keyboard qwerty nya adalah daya tarik tersendiri. Ketika vendor lain menelurkan ponsel full touch screen, Blackberry masih pede dengan qwerty-nya. Meskipun beberapa tipe sudah menggunakan full touchscreen tapi hasil penjualannya sangat mengecewakan. Komunitas Blackberry di Indonesia sangat pesat, hal ini yang menyebabkan ponsel ini laris manis, walaupun pada semua tipe tidak memiliki fitur istimewa dan hanya mengandalkan BBM.

Kelebihan Blackberry


Blackberry Messenger
Enkripsi data yang menjamin kerahasiaan
Push email secara realtime
Keyborad qwerty
Komunitas yang banyak di Indonesia

Kekurangan Blackberry

Model monoton
Untuk menggunakan layanan harus berlangganan tersendiri yang biayanya terbilang mahal
Aplikasi sedikit
Fitur standar atau bahkan pas-pasan (kalau tidak mau dibilang buruk) untuk harga ponsel yang mahal
Apabila ponsel diinstal banyak aplikasi maka sangat rawan hang
Butuh kocek yang lebih dalam untuk menikmati fitur yang setara dengan android 1jutaan

  • Windows Phone Devices

Windows phone atau yang terbaru adalah windows phone 8, memiliki perkembangan yang cukup signifikan apabila dibandingkan dengan windows phone sebelumnya yang versi kurang dari 7. Dengan penyegaran di user interfacenya, yang kini menyandang nama windows tile, windows phone memiliki ciri khas yang paling kuat daripada OS yang lain. Secara kemampuan tidak jauh berbeda dengan iOS dan android OS, tapi sangat jauh lebih baik dibanding dengan Blackberry OS. Integrasi dengan produk microsoft lain seperti skydrive, xbox live, dan masih banyak lainnya menjadi keunggulan tersendiri

Kelebihan Windows Phone
Tampilan masih fresh
OS stabil
Integrasi yang baik dengan produk microsoft lain

Kekurangan Windows Phone
OS tertutup
Aplikasi masih kalah banyak dengan iOS dan Android OS
Setiap penggunaan OS dikenai biaya lisensi yang menyebabkan harga ponsel menjadi lebih mahal
Beberapa kalangan mungkin akan bosan dengan windows tile dimana kita tidak dapat menggantinya dengan tampilan lain
Beberapa ponsel yang lalu tidak dapat menikmati OS terbaru dimana ponsel itu pun terhitung masih baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MarketHealth